Wednesday, March 5, 2014

Tagged under: ,

Cara Menggunakan Oracle Support

Artikel ini akan menjelaskan cara menggunakan Oracle Support khususnya mereka yang telah membeli produk Oracle System. Dalam setiap pembelian hardware Oracle, pasti akan memiliki support untuk hardware tersebut dengan pilihan 1 tahun sampai dengan 5 tahun.

Hardware Oracle secara keseluruhan baik Server, Storage, Engineered System, termasuk OS Solaris, Oracle Linux dan Oracle VM juga mendapatkan support langsung dari Oracle.

Untuk mempermudah dalam melakukan pengajuan support tersebut, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Login ke support.oracle.com : masukkan username dan password yang telah dibuat.

2. Create SR (Service Request) di My Oracle Support.

NewImage

3. Setelah membuat Service Request, masukkan penjelasan eror dan Serial Number / CSI (Customer Support Identification). Dalam setiap pembelian akan selalu mendapatkan CSI untuk melaporkan problem mengenai CSI tersebut sehingga dalam CSI mungkin saja lebih dari 1 hardware yang ada tergantung dari pembelian project berjalan.

NewImage

4. Kemudian, pilih hardware (server, storage atau network) yang memerlukan support dari Oracle. 

NewImage

5. Kemudian pilih tipe problem yang berhubungan dengan eror di hardware tersebut.

NewImage

6. Untuk response lebih cepat lebih baik unggah data sekaligus. (untuk cara mengambil data, nanti akan dijelaskan di posting yang lain)

NewImage

7. Pilih file yang akan diunggah sebagai informasi eror yang terjadi di dalam sistem.

NewImage8. Informasi yang dikirimkan digunakan untuk mempercepat hasil response dari Oracle Support.

NewImage

9. Kirimkan file hasil FileExplo dengan bentuk seperti gambar di bawah ini.

NewImage

10. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol NEXT.

NewImage

11. Untuk memvalidasi data dari pemilik hardware tersebut, masukkan detail informasi tentang perusahaan, contact person dan permasalahan hardware tersebut.

NewImage

12. Validasi untuk admin dari user ke Oracle Support.

NewImage

13. Mengganti alamat di mana hardware tersebut di alamatkan dalam perusahaan jika diperlukan (DC atau DRC).

NewImage

14. Jika sudah selesai melakukan perubahan tekan tombil SUBMIT.

NewImage

15. Setelah semua selesai, maka akan muncul SR is created.

NewImage

16. SR yang sudah dibuat tersebut, akan dianalisa secara otomatis.

contoh eror yang disupport

17. Resolusi untuk problem yang terjadi di dalam mesin dapat dicari di knowledge / dokumen referensi di docs.oracle.com, melakukan penggantian hardware dan engineered mensupport via langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan problem tersebut.

Rapid SR bisa dilakukan dengan 20 menit

18. Respon diagnosa otomatis akan terupdate dalam waktu 20 menit.

NewImage

19. Ini adalah contoh response untuk melakukan pergantian spare-part yang rusak.

contoh hasil balasan dari Oracle Support

20. Ini adalah ringkasan dokumentasi yang akan dilanjutkan oleh support engineer dari Oracle.

hasil ringkasan balasan

NewImage

premium kontrak untuk OSSA

 

Jika ada yang mengalami kesulitan untuk melakukan reporting problem ke oracle, bisa bertanya di blog ini. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment