Artikel ini akan menjelaskan cara menggunakan Oracle Support khususnya mereka yang telah membeli produk Oracle System. Dalam setiap pembelian hardware Oracle, pasti akan memiliki support untuk hardware tersebut dengan pilihan 1 tahun sampai dengan 5 tahun.
Hardware Oracle secara keseluruhan baik Server, Storage, Engineered System, termasuk OS Solaris, Oracle Linux dan Oracle VM juga mendapatkan support langsung dari Oracle.
Untuk mempermudah dalam melakukan pengajuan support tersebut, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan:
1. Login ke support.oracle.com : masukkan username dan password yang telah dibuat.
2. Create SR (Service Request) di My Oracle Support.

3. Setelah membuat Service Request, masukkan penjelasan eror dan Serial Number / CSI (Customer Support Identification). Dalam setiap pembelian akan selalu mendapatkan CSI untuk melaporkan problem mengenai CSI tersebut sehingga dalam CSI mungkin saja lebih dari 1 hardware yang ada tergantung dari pembelian project berjalan.

4. Kemudian, pilih hardware (server, storage atau network) yang memerlukan support dari Oracle.

5. Kemudian pilih tipe problem yang berhubungan dengan eror di hardware tersebut.

6. Untuk response lebih cepat lebih baik unggah data sekaligus. (untuk cara mengambil data, nanti akan dijelaskan di posting yang lain)

7. Pilih file yang akan diunggah sebagai informasi eror yang terjadi di dalam sistem.
8. Informasi yang dikirimkan digunakan untuk mempercepat hasil response dari Oracle Support.

9. Kirimkan file hasil FileExplo dengan bentuk seperti gambar di bawah ini.

10. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol NEXT.

11. Untuk memvalidasi data dari pemilik hardware tersebut, masukkan detail informasi tentang perusahaan, contact person dan permasalahan hardware tersebut.

12. Validasi untuk admin dari user ke Oracle Support.

13. Mengganti alamat di mana hardware tersebut di alamatkan dalam perusahaan jika diperlukan (DC atau DRC).

14. Jika sudah selesai melakukan perubahan tekan tombil SUBMIT.

15. Setelah semua selesai, maka akan muncul SR is created.

16. SR yang sudah dibuat tersebut, akan dianalisa secara otomatis.

17. Resolusi untuk problem yang terjadi di dalam mesin dapat dicari di knowledge / dokumen referensi di docs.oracle.com, melakukan penggantian hardware dan engineered mensupport via langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan problem tersebut.

18. Respon diagnosa otomatis akan terupdate dalam waktu 20 menit.

19. Ini adalah contoh response untuk melakukan pergantian spare-part yang rusak.

20. Ini adalah ringkasan dokumentasi yang akan dilanjutkan oleh support engineer dari Oracle.



Jika ada yang mengalami kesulitan untuk melakukan reporting problem ke oracle, bisa bertanya di blog ini. Terima kasih.
0 comments:
Post a Comment